Pages

Tuesday, 27 November 2012

Cara Menyelesaikan Rubik3x3 Dengan Cepat Dan Mudah


Anda pernah tau benda yang bernama rubik? Kalau belum tau anda pasti pernah melihatnya tapi tidak tau namanya. nah, gambar di samping ini adalah gambar RUBIK kubus yang bisa diputar-putar unruk menyamakan warna disekitarnya. lah ada beberapa cara di sini untuk memainkan rubik agar warnanya sama semua. di blog ini, memuat bagaimana memainkan rubik dengan cara menggunakan rumus. memberikan cara bermain rubik yang praktis dan benar disertai gambar.

langkah pertama, lihat gambar di bawah, lah... itu kan gambar bagaimana rubik anda diputar khan? dimengerti dulu..

Tentunya jika anda ingin bisa bermain rubik, anda harus punya rubik. jadi bisa langsung praktek. tips ini adalah cara bermain rubik 3x3 dengan menggunakan rumus. berikut langkah - langkahnya


R = kanan 
U = atas 
F = depan
L = kiri 
D = bawah
B = belakang 

Diputar SEARAH dengan jarum jam kalau ada koma atas ( ‘ ) berarti BERLAWANAN arah dengan jarum jam
dan jika koma atas dobel ( '' ) berarti diputar dua kali 

Langkah pertama:

Jadikan warna satu dahulu. samakan pinggirnya. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah


Kalau sudah jadi, letakkan warna yang sudah jadi itu di sebelah bawah.

NB: tidak semua harus memakai warna kuning. warna lainnya bisa. gambar ini diberi warna hanya untuk mempermudah untuk dimengerti.

 
lalu.. letakkan senter sesuai dengan warna yang ada di bawahnya. (perhatikan gambar)
lalu samakan dengan gambar di bawah ini

1) warna kuning pindah ke daerah yang di panah.

Di atas warna kuning dan biru. Sebelah kanan ada center biru. Yaitu menggunakan rumus.

URU’R’U’F’UF

2) warna kuning pindah ke daerah yang dipanah.

Sebelah kanan ada center biru. Di atas center biru ada warna biru dan kuning.
Di depan ada center kuning. Rumusnya : 
U’F’UFURU’R’
Lakukan cara 1 dan 2 berulang-ulang, sampai terlihat seperti gambar di bawah 

tingkat 1 dan 2 sudah selesai semua.



Lalu kita ke tingkat 3.
Langkah ke 3, kita membuat cross. (perhatikan gambar yang warna kuning).

2) Ada 2 Cara membuat cross :

Setelah tingkat 1 dan tingkat 2 selesai, sekarang membuat cross.
 Jika ada 2 yang belum jadi, letaknya di depan dan kanan, rumusnya adalah sbb :
FUR U’R’F’

yang ini sudah jadi tapi lurus. Dua sebelah belakang dan depan yang belum jadi. Rumusnya Caranya adalah:
                                     FRU R’U’F’




Setelah cross jadi, akan seperti gambar di bawah ini
3) membuat cros sama dengan center di bawahnya.

Setelah cros selesai. Sekarang membuat cros yang letaknya dengan center di bawahnya.
Ada beberapa rumus untuk memindahkan cross ke tempat center :
                                 UR’U’’RUR’UR
                                   R'U''RUR'UR
                                  R’U’RU’R’U’’R
 R’U’’RUR’UR
U’R’U’’RUR’UR

JIKA SUDAH SELESAI., HASILNYA AKAN MENJADI SEPERTI GAMBAR DI BAWAH INI

(SEMUA CROS SAMA DENGAN CENTER YANG ADA DI BAWAHNYA.)

sekar`ng waktunya rumus yang pojok-pojok!! Perhatikan gambar Di bawah ini yang dilingkari dengan warna merah.

RUMUS YANG POJOK – POJOK INI LETAK NYA DI SUDUT ATAS DI TINGKAT 3.

ada beberapa rumus untuk memindah letak rubik tersebut.( Perhatikan panah yang warna ungu pada gambar di bawah.)

5) MEMBUAT RUBIK YANG DIPOJOK DIPINDAHKAN SESUAI DAERAH DI SEKITARNYA.


R'ULU'RUL'U'

 R''L''DR''L''U''
R"L"DR''L''U''

FRUR’U’RUR’U’RUR’U’F

5) SEKARANG YANG TERAKHIR!!
JIKA SEMUA LETAK SUDAH SAMA TAPI MASIH ADA YANG TERBALIK WARNANYA.  dapat menggunakan rumus yang dibawah ini. biasanya diulang-ulang beberapa kali sampai jadi. . paling lama 3 kali mengulang.. lalu jadi deh. hehehe
FD’’F’R’D’’R U’
R’D’’RFD’’F’ U

demikian cara-cara bermain rubik, semoga bermanfaat. hehehe :)
kalau sudah jadi.. selamat....
nie.. aku juga pemula. baru 2 bulan yg lalu mulai main.


Jangan Lupa Komentarnya ya Gan Sampai Sini 

Terimakasih

12 comments:

carissa azzahra said...

Mantap. Jelas dan mudah sekali langkah nya. Thanks

Apta Adiyatma said...

lupa rumus terakhir dicari-cari dapetnya disini

Thanks

Apta Adiyatma said...

lupa rumus terakhir dicari-cari dapetnya disini

Thanks

Fauza Ardhi said...

makasih infonya ...

Aldy Syahputra said...

Sama-Sama gan makasih ya dah mampir

anissa hilwa said...

maaf saya masih sedikit bingung, itu kita harus buat yang tanda + nya itu dari awal?? Terima kasih atas info nya :-)

Anonymous said...

thanks informasinya broh
by : Io

Abdi Wahyudi said...

Mantap gan, izin bookmark. (y)

Anonymous said...

Mantap gan, izin bookmark. (y)

Aldy Syahputra said...

Kapan" Ngunjung lagi ya gan Thx ^^

bambang sudarmanto said...

Terimakasih mas atas penjelasannya...
gampang dipahami...

Aldy Syahputra said...

sep mampir lagi ya nnti bro