Pages

Wednesday, 28 November 2012

Jauhi 5 Jenis Diet Ini Agar Sehat



Agar Sehat, Jauhi 5 Jenis Diet Ini


Aldy ( Kenya ) - Yang satu merekomendasikan agar kita mandi dengan air dingin setelah minum kopi hitam, yang lain melarang Anda makan setelah pukul tujuh malam atau mengharamkan karbohidrat. Itu merupakan sedikit dari anjuran fad diets (diet jangka pendek) yang diklaim lebih cepat melangsingkan badan.


Tetapi sebelum Anda terbawa arus, teliti dengan baik dan rasional supaya tidak tersesat dalam informasi upaya pelangsingan yang salah. 

Asosiasi Diet Inggris mengatakan bahwa diet populer yang kerap diikuti oleh para selebriti kebanyakan menjadi sangat ekstrim dan memicu gangguan penyakit.  Misalnya saja diet KEN yang menganjurkan agar kita tidak makan sama sekali dan menggantinya dengan formula makanan cair selama 10 hari. 

Berikut adalah lima jenis diet yang tidak disarankan oleh para ahli gizi dalam Asosiasi Diet Inggris.

1. Party Girl IV Drip Diet

Dalam diet ini kita diharuskan mengganti pola makan normal dengan cairan yang berisi vitamin B dan C, magnesium serta kalsium yang dimasukkan ke dalam tubuh lewat selang, mirip seperti infus. Beberapa selebriti seperti Rihanna dan Simon Cowell dikabarkan menjalani diet ini. 

Para ahli mengatakan diet tersebut beresiko menimbulkan efek samping kelelahan, pusing, infeksi, inflamasi pada pembuluh darah, anaphylactic shock akibat tekanan darah terlalu rendah.

2. Ketogenic Enteral Nutrition (KEN) Diet
Selama 10 hari formula protein cair dan nutrisi akan dimasukkan dengan selang langsung ke dalam perut melalui hidung. Pompa elektrik kemudian akan mengirimkan dua liter formula cair itu dalam 24 jam. Diet ini disebutkan sedang digandrungi para model karena bisa mengontrol rasa lapar dan mendorong tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi.

Para ahli mengatakan diet ini sangat ekstrim. Bukan hanya karena efek sampingnya menguras perut tapi juga tidak ada bukti ilmiah diet ini aman.

3. Alcorexia/Drunkorexia Diet

Pelaku diet ini harus membatasi kalori mereka secara ketat dalam dua minggu sehingga mereka bisa menggantinya dengan asupan alkohol. Dengan pola makan rendah kalori ini, kita bisa menyimpan 10.500 kalori seminggu kemudian mengonsumsi alkohol yang setara dengan 131 gelas wine dalam seminggu.

Diet ini dianggap sangat aneh dan konyol karena kita akan kekurangan kalori, vitamin dan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk berfungsi normal. Alkohol mengandung nutrisi sedikit dan diet ini beresiko menyebabkan keracunan alkohol bahkan kematian.

4. OMG Diet
Anda diharuskan berolahraga di pagi hari setelah minum secangkir kopi. Kemudian perut sebaiknya dikosongkan selama tiga jam sehingga tubuh akan membakar lemak yang disimpan. Berendam di air dingin akan lebih membantu. Pelaku diet ini juga disarankan menghindari buah dan menggantinya dengan lebih banyak protein.

Para ahli mengatakan bahwa sarapan adalah waktu makan paling penting sepanjang hari. Diet yang terlalu ketat justru bisa memicu perilaku yang ekstrim.

5. Diet Dukan

Diet ini memiliki empat fase yang diawali dengan pantang karbohidrat dan hanya makan protein selama 10 hari pertama. Beberapa selebriti seperti Jennifer Lopez sampai model Gisele Bundchen konon menganut diet ini untuk menjaga berat badannya.

Kendati begitu hanya sedikit bukti ilmiah yang menunjukkan diet ini aman dan bekerja. Menjauhi sekelompok makanan tertentu tidak disarankan karena dalam jangka panjang bisa memicu gangguan kesehatan seperti keropos tulang dan gangguan ginjal. Masalah lainnya adalah kekurangan energi, sembelit, serta bau mulut tak sedap.

No comments: